Mademoiselle Fifi – Kumpulan Kisah Pendek

mademoiselle-fifi_maupassant.jpg

Mademoiselle Fifi

Kumpulan Cerita Pendek

Pengarang: Guy de Maupassant

Penerbit: Yayasan Obor Indonesia

Tahun terbit: 2004

Bahasa: Indonesia

Penyunting: Ida Sundari Husen

Halaman: 361

 

Mademoiselle Fifi merupakan salah satu kumpulan cerita pendek dari pengarang Perancis, Guy de Maupassant, yang lahir pada 5 Agustus 1850. Mademoiselle Fifi adalah salah satu judul cerita pendek dari 25 cerita pendek yang terangkum dalam buku ini, yang seluruhnya diterjemahkan oleh para mahasiswa peserta Program Spesialisasi Penerjemahan Bahasa Perancis (S2) di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia.

Dalam buku ini, Guy de Maupassant menceritakan hal-hal sederhana dan sehari-hari. Tema cerita dapat berupa pasangan pengantin baru yang ingin bersenang-senang di Paris, pemakaman seorang wanita yang dianggap bersalah oleh gereja, kekecewaan seorang laki-laki terhadap ketidaksetiaan perempuan, dan hal sehari-hari sejenisnya. Membaca kumpulan cerita pendek ini terasa ringan, tanpa perlu berpikir mendalam, dan kadang akhir cerita dibiarkan menggantung tanpa konklusi seakan Maupassant hanya ingin menuturkan kejadian demi kejadian begitu saja.

 

Maupassant, dalam perjalanan karir kepenulisannya, memang sangat dipengaruhi oleh Gustave Flaubert, pengarang Perancis abad ke-19 dengan buku terkenalnya ”Madame Bovary”. Sejalan dengan Flaubert, Maupassant didudukkan sebagai pengarang naturalis dan impresionis. Kejadian diuraikan secara apa adanya. Sebagai pribadi, Maupassant berpembawaan pesimis, dan hal ini kadang tercermin dalam karya-karyanya. Baginya dunia penuh dengan kekuatan membabi buta serta sulit dipahami. Manusia tidak lebih tinggi tingkatannya daripada makhluk-makhluk lain dan mereka adalah makhluk yang sulit dimengerti serta cenderung hidup dalam kesepian. Kebodohan manusia dirasakan sangat mengecewakan dan menakutkan. Perasaan-perasaan itu menghantui Maupassant selama hidupnya dan berangsur-angsur berubah menjadi gangguan jiwa. Di kalangan keluarganya, gangguan jiwa sudah muncul beberapa kali: ibunya meninggal karena bunuh diri dan adiknya menjadi gila hingga akhirnya meninggal. Penyakit jiwa Maupassant diperparah dengan penyakit sifilis dan migren hebat yang dialaminya. Sampai meninggalnya di tahun 1893, kesehatan jiwa Maupassant tidak sempat pulih.

 

Mademoiselle Fifi adalah buku pertama Maupassant yang saya baca, sekaligus merupakan perkenalan saya dengan karya beliau. Cerita-cerita pendek yang saya baca ini menurut saya biasa saja, sekedar hal sederhana dalam hidup manusia yang diceritakan kembali. Justru kehidupan pengarangnya lah yang lebih menarik perhatian saya. Di tengah kegalauan jiwanya, Maupassant termasuk pengarang yang sangat produktif yang menghasilkan banyak sekali karya dalam rentang waktu kepengarangannya.

 

Cirendeu, 23 Feb 2007, 04.01 pm.

One thought on “Mademoiselle Fifi – Kumpulan Kisah Pendek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s