501 Must Read Book!

501-must-read-books.jpg

501 Must-Read Books

Kumpulan Resensi Buku

Pengarang: Cathy Lowne, Dr. Vybarr Cregan-Reid, Dr. Raphael Hallett, Denise Imwold, Gabrielle Mander, Carola Campbell, Dr. Therie Hendrey-Seabrook.

Penerbit: Bounty Books, London

Tahun terbit: 2006

Bahasa: Inggris

Halaman: 544

Baru dapat buku ini sebagai hadiah ulang tahun dari Mas Gatot… Whoa… bukunya bagus banget! Berisi banyak sekali buku yang menurut para penulisnya dianggap buku yang wajib baca. Ke-501 buku-buku itu dikelompokkan dalam kategori Children Fiction, Classic Ficiton, Memoirs, History, Modern Fictions, Thrillers, Science Fiction, dan Travel Writing.

Setiap halaman membahas satu buku, dan disertai dengan gambar covernya yang berwarna, yang kebanyakan sepertinya mengambil versi klasiknya, dan disertai resensinya yang singkat dan padat. Dari membaca resensinya kita bisa mengenal saripati cerita/ isi buku, kadang dengan latar belakang cerita tersebut. Dalam setiap resensi juga ditonjolkan pesan yang ingin disampaikan penulis, sekaligus sisi unik buku tersebut sehingga pantas disebut istimewa. Sekilas ulasan mengenai hidup pengarangnya juga ditampilkan, sehingga kita tidak hanya kenal dengan isi buku, tapi juga siapa dibalik buku tersebut.

Dalam kategori Children Fiction, dihadirkan buku-buku klasik anak-anak, mulai dari Little Women, Fairy Tales dari pencerita anak dunia, Hans Christian Andersen, The Secret Garden-nya Frances Hodgson Burnett, Just So Stories-nya Rudyard Kipling, The Little Prince, Pinocchio, Heidi, dan buku-buku klasik anak lainnya, sampai pada buku dari era modern, seperti The Curious Incident of the Dog in the Night-Time, The Northern Light dan Harry Potter. Banyak buku dalam kategori cerita anak ini yang saya kenal dan sebagian sudah saya baca. Bahkan beberapa pengarang favorit saya ikut meramaikan kelompok Children Fiction ini, seperti Roald Dahl, Erich Kastner dan Astrid Lindgren. Buku-buku tersebut pantas disebut klasik karena dapat dibaca sampai kapanpun tanpa terbatas pada rentang waktu serta temanya yang mampu melekat lama dalam benak pembaca. Pembaca dewasa pun dapat menikmati cerita-cerita tersebut sambil sekejap kembali ke dunia anak-anak. Umumnya buku-buku Children fiction ini menggambarkan bagaimana dunia dalam pandangan anak-anak, dan bagaimana anak-anak itu berusaha mencari tempat dalam dunia yang diciptakan orang dewasa ini. Kesemuanya itu mengusung tema “allowing children to be children” dan banyak dari kisah-kisah itu juga mampu mengusik keharuan pembaca.

Dalam kelompok Classic Fiction ditampilkan buku-buku dari pengarng-pengarang klasik dunia, seperti Jane Austen, Honore de Balzac, Bronte bersaudara, Anton Chekov, Fyodor Dostoyevsky, Charles Dickens, Goethe, Voltaire, Virginia Woolf, Victor Hugo, dan banyak lagi. Menelusuri kelompok buku Classic Fiction serasa melakukan perjalanan literer dan menyelami sastra klasik dunia dari berbagai belahan bumi. Buku-buku ini juga merefleksikan sisi humanitas manusia, dalam berbagai temanya.

Dari kelompok History, dihadirkan buku-buku penting dalam sejarah dunia, mulai dari sejarah tentang suatu kota atau wilayah, perang, kerajaan kuno, tragedy kemanusiaan, atau situasi masyarakat pada suatu jaman. Misalnya, London – The Biography, Berlin – The Downfall, The Pleasure of Imagination – English Culture in Eighteen Century, Hiltler & Stalin – Parallel Lives, Daily Life in Ancient Rome, The Crusades through Arab Eyes, The Women’s History of the World, dan banyak lagi. Sejarah adalah mengenai memahami diri kita, hidup kita. Ia merupakan cermin perjalanan kemanusiaan manusia, sampai titik sekarang.

Kelompok Memoirs banyak menampilkan buku-buku biografi atau kisah secuplik kehidupan penulis yang dianggap penting atau mengesankan. Dari buku-buku Memoirs ini sebenarnya kita dapat mengenal si penulis itu sendiri, melalui hidupnya yang ditulisnya. Beberapa yang terkenal adalah Down and Out in Paris dan London, dari George Orwell, yang menggambarkan sepenggal periode hidupnya masa usia 20-an ketika ia hidup dalam kemiskinan dan berpidah-pindah di belantara kota Paris dan London, atau Words, dari Jean-Paul Sartre, yang bersifat autobiografis mengenai masa kecilnya yang banyak bersentuhan dengan buku dan kata-kata, sampai ia menentukan ingin menjadi penulis.

Dalam kelompok Modern Fiction, kita akan menemui sejumlah fiksi dari para penulis di era modern dan kontemporer. Mereka yang terkenal adalah Chinua Achebe, penulis terkenal dari Afrika Selatan, Margaret Atwood, Paul Aster, A.S Byatt, Italo Calvino, Albert Camus, Peter Carey, J. M Coetzee, Marguerite Duras, Umberto Eco, William Faulkner, Gabriel Garcia Marquez, Nadine Gordimer, Kazuo Ishiguro, Ernest Hemingway, James Joyce, John Irving, Franz Kafka, dan banyak lagi lainnya. Beberapa dari mereka adalah penerima Nobel pada bidang sastra. Modern Fiction memang mengambil porsi terbesar dalam kumpulan buku ini. Kelompok buku ini sangat mungkin akan menjadi karya yang dianggap klasik pada masa mendatang.

Pada kelompok Science Fiction dan Thrillers, pembaca banyak diperkenalkan dengan buku-buku yang dapat dibilang klasik dalam kedua bidang tersebut. Contohnya adalah Dune, karya Frank Herbert, yang bersifat science fiction dan menggambarkan kehidupan di planet pasir Arrakis, atau Nineteen Eighty-Four dari George Orwell, yang menggambarkan dunia yang dibagi menjadi 3 regim, yaitu Oceania, Eurasia dan Eastasia. Buku-buku Thrillers banyak mengusung tema misteri dan kriminal, seperti buku klasik Trial and Error dari Anthony Berkeley, yang menceritakan kasus nyata di bidang hukum dimana dua pria secara terpisah ditemukan bersalah atas pembunuhan orang yang sama.

Pada kelompok Travel Writing, disajikan buku-buku yang mengulas catatan perjalanan, termasuk perjalanan ke negeri-negeri yang jauh dan sangat asing. Buku-buku dalam tema ini juga sering menjadi referensi bagi pembaca dalam mengenal daerah yang dikunjungi, budaya dan masyarakatnya, dan seringkali memang bersifat sosiologis dan antropologis. Contohnya adalah My Journey to Lhasa dari Alexandra David-Neel, atau On the Narrow Road to the Deep North, karya Lesley Downer yang menguraikan catatan perjalanan Matsuo Basho, seorang guru dan penulis puisi haiku Jepang. Juga ada The Last Place on Earth, karya Roland Huntford, yang menceritakan ekspedisi Robert Scott dari Inggris dan Roald Amundsen dari Norwegia ke Antartika (kutub Selatan) pada tahun 1911. Ada juga buku bertema Travel Writing dari penulis terkenal, seperti Travels with Charley: In Search of America, karya John Steinbeck, yang menceritakan observasinya mengenai Amerika dari perjalanannya mengelilingi sebagian wilayah Amerika dengan anjing poodlenya, Charley;  atau Travels with a Donkey in the Cevennes, karya Robert Louis Stevenson, yang mengulas perjalanan hikingnya di pegunungan Cevennes di wilayah tengah Perancis.

Buku yang saya pandang sangat baik namun tidak ada dalam buku ini adalah Good Night Mister Tom, karya penulis Inggris Michelle Magorian, yang menggambarkan seorang anak kecil yang terlantar dan akhirnya diasuh oleh Mister Tom, dalam masa perang dunia pertama di Inggris. Buku ini secara peka menggambarkan kehidupan orang-orang biasa di Inggris ketika menghadapi perang dunia pertama, dan layak dibaca baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Buku lainnya adalah Tetralogi Buru-nya Pramoedya Ananta Toer, yang saya anggap layak menjadi karya klasik dunia, karena  berhasil menyajikan isinya yang kental dengan nasionalisme dan character building, maupun dari sudut konflik bathin tokoh-tokohnya. Sepertinya memang ada banyak sekali buku bagus lainnya yang bisa dimasukkan dalam kelompok buku ini. Kembali lagi, pustaka dunia demikian luasnya hingga tidak mungkin mengepaknya dalam suatu kumpulan resensi buku.

Kumpulan buku-buku ini merupakan harta pustaka yang berharga, yang membuka banyak sekali jendela dunia dan memungkinkan kita menjelajah jauh ke berbagai negara dalam berbagai masa, melalui buku…

Cirendeu, 25 May 2007, 4.16 pm

10 thoughts on “501 Must Read Book!

  1. Py’ belated b’day ya mba mei yg maniz….
    shoutboxnya blum bisa di add, coz’ aku blum nemu setting templatenya di wordpress. klo inet nga lelet, aku coba lagi nanti ya mbaaa meeei ateep….:)

    hugs,

  2. mademelani

    halo fathin,
    ya bukunya ok bgt deh, ngebuka halaman2nya jadi pengen baca dan baca… bagus juga buat belajar ngereview buku yg singkat dan berisi. salam kenal juga.

  3. Pingback: Wishful Wednesday [10] | ma petite bibliothèque

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s