Le Petit Nicolas (series)

petit-nicolas-histoires-inedites.jpgLe Petit Nicolas (series)

Sempé & Goscinny

Gallimard Jeunesse, 2007 & IMAV

Bahasa Perancis

Seri Petit Nicolas ini saya kenal pertama kali dari perpustakaan CCF (Centre Culturel Français) di jalan Wijaya Jakarta, saat saya masih kursus bahasa perancis di sana. Saat itu judul yang saya baca adalah “Histoires Inédites du Petit Nicolas”. Saya langsung jatuh cinta pada buku itu. Walaupun bukunya cukup tebal, namun terbagi dalam cerita-cerita pendek, tentang anak laki-laki kecil perancis dalam kehidupan sehari-harinya. Antara satu cerita dengan cerita lainnya tidak terlalu bersambung, karenanya tidak harus baca bab per bab secara berurutan. Belum lagi hampir di setiap halamannya terdapat ilustrasi berupa sketch yang menurut saya sangat bagus dan ekspresif. Tidak heran karena kedua pengarangnya adalah tokoh-tokoh kartunis yang telah mendunia. Goscinny adalah kreator kartun Asterix, Lucky Luke dan Iznogoud (dan banyak lagi yang lain, namun judul-judul itu setidaknya adalah yang pernah terbit di Indonesia). Sementara Sempé adalah juga seorang ilustrator humoris yang juga mengarang beberapa buku, seperti Marcellin Caillou, Raoul Taburin (sepertinya tidak terbit di Indonesia) dan karya ilustrasinya juga terdapat dalam buku-buku pengarang lain, seperti L’Histoire de Monsieur Sommer karangan Patrick Suskind, dan lainnya.

petit-nicolas.jpgSeri Le Petit Nicolas ini bukanlah sebuah komik, namun novel anak-anak, tetapi penuh dengan ilustrasi di sana-sini. Membuka lembaran-lembaran buku seri ini, dengan ilustrasi-ilustrasinya yang ekspresif sekaligus komikal, saya jadi teringat pada buku-buku Roald Dahl yang juga sarat dengan ilustrasi kartunis.

Setelahnya, saya memburu beberapa bukunya yang lain, dan yang sempat saya beli dan baca adalah “Les Vacances du Petit Nicolas” dan “Le Petit Nicolas”, yang keduanya baru bisa dibeli di Perancis sini.

Apa yang membuat saya jatuh cinta pada seri ini? Sepertinya bisa disimpulkan seperti di bawah ini:

petit-nicolas-les-vacances.jpg1. Ceritanya yang khas anak perancis. Goscinny dan Sempé berhasil menggambarkan dengan subtle ‘dunia dalam’ seorang anak yang tumbuh di lingkungan keluarga perancis, yang penuh aturan, harus menjaga privasi orang lain, tidak boleh ribut, ekspresi sayang antar anggota keluarga, ekspresi marah, jadwal ketat, pentingnya liburan, sedikit-sedikit harus debat dan diskusi, segalanya harus ada alasan yang dirasa masuk akal, dan sejenisnya. Membaca buku ini sering membuat saya tersenyum, atau bahkan tertawa, sekaligus berpikir betapa susahnya memang menjadi anak kecil yang hidup dalam dunia yang diciptakan orang dewasa…

2. Ilustrasinya yang sangat ‘enak’ untuk dilihat, dan memang sangat menggambarkan apa yang tersurat dan tersirat dalam teks. Betapa gambar pun mampu berbicara. Bravo untuk dua pengarang ini…

3. Kaliber sang pengarang, tentu saja. Salah satu hal yang membuat saya menarik buku ini dari rak buku adalah nama Goscinny dan Sempé itu. Khusus untuk judul “Histoires Inédites du Petit Nicolas”, isinya adalah sedikit banyak pengalaman masa kecil kedua pengarang tersebut, yang mereka gabung-gabungkan menjadi suatu tokoh unik, si Petit Nicolas ini.

4.  Buku ini termasuk buku berbahasa perancis pertama yang mampu membuat saya sangat menikmati dalam membacanya. Setelahnya, saya jadi suka memburu buku-buku berbahasa perancis yang lain. Benar-benar dampak samping yang sangat positif buat saya…

Seperti khasnya sebuah Children Fiction, buku seri Le Petit Nicolas ini saya pikir juga mengusung tema khas literatur anak, yaitu “allowing children to be children”…

Mei, Pau, 7 January 2008

14 thoughts on “Le Petit Nicolas (series)

  1. shanty

    Dear Mei,

    Terkesan banget baca ulasan tentang buku-buku Perancis, sampai bikin aku kangen sama perpustakaan, teman-teman dan guru-guruku di CCF dulu…
    Seandainya masih punya banyak waktu untuk duduk membaca di bawah jendela…hm…

  2. Mba Meiiiii.. kmrn aku liat picture book karya Sempe di kinokuniya plaza senayan, judulnya ‘Raoul Keeps a Secret’. Ceritanya lucu! Ada jg buku karya Sempe lainnya (‘Nothing is Simple’ dan ‘Panic Stations’) semacam kumpulan/album ilustrasi (hitam-putih)-nya dia gitu. Aku suka bgt sama garis2nya! Kalo ‘Catherine Certitude’ msh blm ada.. Buku cerita ‘Nicolas’ ini jg picture book ya mba? Sayang ya, di sini blm ada..

    iiiih baru sadar ini postingan udah lama bener ya, hahaha.. Ayo, nulis review buku yg keren2 lg mba, tidurnya jgn kelamaan.. *tarik2 selimutnya mba mei* tumblr-nya diupdate jg dong.. *byk maunya, ditimpuk bantal* :))

    1. mademelani

      hai hai… *sambil nongol dr balik selimut tidur*… waaa mau dong liat buku Sempe-nya… harganya mahal kah? di tempat aslinya agak mahal tuh, makanya gak beli hehe, isinya ilustrasi tok, kl ada kalimat, plg 1-2 kalimat doang… dan ukurannya gede/ lebar kyk komik tintin lah. mmg garis ilustrasinya menarik bgt ya, bikin kita betah lama2 ngeliatinnya… dan cukup detil jg (di buku2 Sempe yg sempet aku liat di toko buku). kebanyakan mmg hitam putih aja.

      petit nicolas ini kyk buku cerita anak, gak bisa dibilang picture book, krn ilustrasinya sekali2 aja walau cukup sering. ya kayak buku2nya roald dahl deh, kadang ada picturenya, kadang bbrp halaman tulisan doang. tapi lucuu bgt, khas anak perancis..

    1. mademelani

      jadi kangen liat ilustrasinya sempe… di petit nicolas dia bisa gambarin tingkah polah sekumpulan anak2, nicolas dan teman2nya, sampe terasa ‘rusuhnya’… :))

  3. Hai mba Meiiii, iya seneng bgt wkt liat bukunya Sempe ada di sana. Buku Roul Taburin ini harganya cukup mahal, 300ribu.. tp bukunya emang baguuus bgt, besar, dan full color. Hardcover dan jenis kertas bukunya bertekstur, kyk kertas utk menggambar pake cat air gitu, hehe.. Semua buku Sempe ini terbitan Phaidon. Dua buku Sempe lainnya yg aku liat jg sama harganya, sekitar 300-400 ribu, tebel2 isinya ilustrasi semua, stoknya masing2 cuma ada satu.. Kalo stok buku Raoul Taburin ada dua dan aku ga sengaja liat buku ini di bagian Fine Art loh!😀
    Buku Sempe yg ada di kinokuniya ini jauh lebih bagus dari buku Catherine Certitude yg aku punya (penerbitnya jg beda sih..). Dulu beli harganya 50ribu dan itu termasuk murah menurutku, hehe..
    Ah, penasaran bgt pingin liat ilustrasi sama baca ceritanya Nicolas, mba.. Jadi kebayang deh rusuhnya si Nicolas sama temen2nya itu.. Smg aja nanti ada bukunya di sini ya!😀

  4. mademelani

    hai hai…
    ya buku Sempe lmyn mahal ya, tp kl tebel sih worth it lah… yg aku liat di sana itu tipis walo ukurannya gede, dan mmg hardcover. tapi kertasnya tipe yg glossy, kyk kertas majalah tebel, bukan yg bertekstur ala buat cat air. Waa jd pengen liat… kl bk catherine certitude yg aku punya itu buku kecil, seukuran buku novel pada umumnya.

    btw kl mau liat buku le petit nicolas (versi asli bhs perancis), yg aku tahu ada di perpus CCF di jl Wijaya (Pusat Kebudayaan Perancis), di sana ada bbrp serinya. kl bhs inggrisnya aku sndr blm pernah liat.

  5. Waah buku Catherine Certitude-nya mba Mei versi mini ya, punyaku sebesar kertas folio!😀
    CCF Wijaya cukup jauh dari tempatku, mungkin kapan nanti aku main ke perpus CCF yg di Salemba deh..🙂

  6. mademelani

    salah satu contoh rusuhnya nicolas dkk dalam goresan tangan sempe, bisa lagsung keliatan di cover buku les vacances du petit nicolas (the holidays of little nicolas) yg aku taruh di posting ini… udah langusng ‘kedengeran’ kan ributnya anak2 yg tampaknya gak bisa diem itu… :))

    iya chaterine certitude-ku versi mini, bagusnya tetep dgn kertas tebal mengkilat di setiap halaman dan berwarna. wah yg versi besar pasti lbh seru ya liat gambar2nya🙂
    yup, kemugnkinan besar di ccf salemba jg ada, mgkn juga termasuk buku sempe dll pengarang perancis… selamat ngubek2 perpus ya!

  7. Hay..hay… *nongol dari balik loteng*
    Hmmm… nice review sist… le petit nicolas ini dongeng klasik ya?
    Sudah masuk public domain belum ya? kebetulan saya ada penerbitan, pengen menterjemahkan buku ini ke dalam bahasa Indonesia. Kalo sudah jadi public domain kan enak, tidak perlu repot mengurus copyright-nya. Saya direferensikan novel ini oleh salah seorang teman saya yg berkewarganegaraan Perancis. Mohon infonya sista….

    Bissous
    Dewi

    1. mademelani

      salut,
      saya kurang paham ttg arti public domain secara hukum, tp menurut pemahaman samar2 saya, buku ini bukan bagian dr public domain. karena, di france saja buku ini hanya diterbitkan oleh beberpa penerbit saja (tdk banyak) dan semuanya tergolong penerbit besar dan tua/ bersejarah. pengarangnya pun, Rene Goscinny adalah salah satu pengarang cerita asterix, yg bersama Sempe merupakan dua figur literatur yg sangat dihormati. di luar france utk negara berbahasa inggris, buku ini diterjemahkan ke bhs inggris dan diterbitkan oleh phaidon. cerita le petit nicolas ini juga bukan dongeng klasik yg sudah hidup luas di masyarakat.

      bisous🙂

  8. aku udah main2 ke perpus ccf salemba, mba meiiiii… aku udah liat buku Le Petit Nicolas, yay!!!😀 iya, kalo diliat dari ilustrasinya, si nicolas sama teman2nya itu bandel banget ya, trus pasti adaaaa aja anak yg berkelahi hihi.. aku suka bgt liat gambar Sempe di buku ini walo ngga ngerti sama sekali bahasanya, hehe.. thanks buat rekomendasi perpusnya, mba mei!🙂

    oya, aku jg udah beli & baca Raoul Taburin Keeps a Secret, mbaaaa! *joged2* hihihi…

    1. mademelani

      diaan… gara2 komen kamu ini aku baca lagi salah satu buku le petit nicolas (le petit nicolas a des ennuis) dan masih pengen cekikian aja..
      ayo tulis dong ttg buku raoul taburin keeps a secret!🙂

  9. Pingback: Catherine Certitude | ma petite bibliothèque

Leave a Reply

