Can You Keep a Secret?

can-you-keep-a-secret_sophie-kinsella.jpgCan You Keep a Secret?

Sophie Kinsella

Novel, Bantam Dell, 2004

374 hlm, Bahasa Inggris

Buku yang sudah selesai dibaca sekian lama yang lalu. Buku yang sudah terbit lama juga sebenarnya, tapi baru saya baca beberapa bulan lalu. Baru sempat juga ditulis sekarang karena “kesibukan” saya sehari-hari di sini….

Masih khas general fiction chicklit a la Sophie Kinsella, novel ini mengisahkan seorang wanita muda bernama Emma Corrigan, yang, sesuai kalangan khas genre chicklit, masih berusaha memantapkan karirnya. Dalam suatu penerbangan kembali ke London dari suatu pertemuan bisnis di Glasgow, dan dalam kepanikan karena takut berada dalam pesawat yang sedang terbang dalam turbulence, Emma tanpa sengaja meracau dan membeberkan semua rahasia pribadinya, benar-benar pribadi, kepada seorang pria penumpang yang duduk di sebelahnya. Setelahnya, tentu saja Emma merasa malu tapi lalu berniat melupakan semuanya karena toh tidak akan bertemu lagi dengan pria tersebut.  Kisah tentu tidak berhenti di sini, karena selanjutnya ternyata sang pria tersebut adalah the ultimate guy, sang pemilik perusahaan, tempat Emma bekerja.

Situasi menjadi sedikit rikuh ketika sang pria, Jack Harper, datang ke London untuk mengadakan serangkain pertemuan di kantor Emma, dan mereka harus “pura-pura” tidak pernah bertemu satu sama lain dan “pura-pura” menganggap segala kejadian di kursi pesawat antara Glasgow dan London itu tidak pernah terjadi. Masalahnya, Jack juga punya kepentingan untuk merahasiakan keberadaanya di pesawat dari Glasgow itu. Sebabnya kenapa, baru diungkap di dekat akhir kisah.

Berpura-pura bukanlah hal yang gampang. Apalagi teman-teman kantor Emma melecehkan posisinya yang masih sebagai asisten untuk dianggap “tidak perlu” ikut dalam meeting dengan Jack Harper, orang nomor satu di kantor mereka. Padahal, Emma kenal cukup dekat dengan sang ultimate guy ini. Keadaan menjadi sedikit kompleks dengan kenyataan bahwa pacar Emma, Connor, adalah juga pegawai di kantor yang sama.

Bagaimana ujung dari masalah main rahasia ini? Akankah semuanya akhirnya terbongkar, dan dengan cara apa? Kinsella meramu kisah dengan cukup seru. Banyak bagian yang saya anggap tidak terduga. Penulis juga tidak banyak bermain klise di sini. Kalaupun ada hal klise yang terjadi, alur cerita menuju akhir tetap diramu dengan cara yang unik. Ujung adegan bukanlah hal yang biasa, dan di setiap akhir dari suatu adegan adalah juga merupakan awal dari adegan berikut. Jadi, sepanjang buku ini mengusik keingintahuan.

Penulis juga berhasil mempresentasikan emosi dalam dinamika hubungan keluarga, antara Emma dan ayah ibunya, sepupunya Kerry yang telah sejak lama tinggal bersama mereka, dan kakek Emma. Kisah Emma dan Jack Harper dan Emma dengan kelurarganya ini berhasil diramu dan ditemukan dengan cara yang unik dan membuat pembaca berpihak pada Emma dan ikut ‘bersorak’ ketika situasi berpihak padanya.

Walau demikian, alasan mengapa Jack Harper harus merahasiakan keberadaannya di Glasgow menurut saya agak sedikit mengada-ada. Tapi sebagai keseluruhan kisah, cukup masuk akal juga, walau saya pikir agak jarang terjadi.

Akhirnya, sebuah buku yang menghibur. Pengalaman kedua saya dengan Sophie Kinsella, setelah bukunya yang pertama saya baca, The Undomestic Goddess. Seru, menghibur, ringan, dan tidak klise. Dalam Can You Keep a Secret ini Kinsella mempertanyakan “haruskah kita bersikap jujur pada semua orang?” dan “haruskah kita menyimpan beberapa hal sebagai rahasia bagi diri kita sendiri?”

“What are you thinking about?” and I said, “Oh, nothing,” that wasn’t quite true. I was actually planning the names of all our children. (page 374).

Mei, Pau France, 12 May 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s