Postcards from Penguin

Ini adalah koleksi postcard dari cover buku Penguin. Aku tahu bahwa ada koleksi postcard dari Penguin ini saat baca suatu reading blog, dan langsung suka! Kesannya antik dan bersejarah banget. Dan, bisa menjadi suatu dekorasi yang sangat ‘bookish’, misalnya dengan menjejerkannya, lalu difigura, dan jadilah suatu ‘lukisan’ besar cover buku! Aku sendiri ‘mengidolakan’ Penguin karena filosofinya yang ‘merakyat’, mewujudkan buku-buku bermutu dengan harga yang sangat terjangkau. Koleksi ini aku beli di amazon.fr.

Terdiri dari 100 postcard, yang menggambarkan ikon cover buku Penguin. Dikemas dalam sebuah kotak yang bisa dibuka seperti buku, dengan sedikit cerita mengenai sejarah buku Penguin di halaman belakang tutup kotaknya. Bagaimana sih sejarah buku-buku Penguin itu? Pada tahun 1935, seorang bernama Allen Lane berdiri di suatu peron di stasiun kereta Exeter, mencari-cari buku untuk dibaca dalam perjalanannya ke London. Namun ia kecewa dengan sedikitnya pilihan buku-buku paperback yang ada, dan hal ini menginspirasinya mendirikan Penguin Books. Sejak saat itulah beredar buku berkualitas dalam bentuk paperback. Dengan mengumumkan bahwa “buku dengan desain yang bagus tidak harus lebih mahal daripada yang jelek”, Lane berkeyakinan bahwa buku-buku paperback Penguin selain tidak mahal juga bisa selalu tampil dengan desain yang ‘berbeda’. Maka muncullah desain original dengan tiga bagian horisontal seperti yang ada pada foto ini, diikuti dengan berbagai variasi lain yang juga tetap ‘distinctive’. Selanjutnya, apakah itu buku classics, crime, reference atau prize-winning novel, desain covernya masih selalu mengandung desain original dari Allen Lane ini.

Sometimes, you should judge a book by its cover!🙂

Mei

Balikpapan, 5 November 2010

9 thoughts on “Postcards from Penguin

  1. Bagus sekaliiii ituh kartu posnya, mba Mei! Pasti ga rela ya kalo kartu2 pos itu ditulisin trs dikirim ke temen2😀
    Aku ga terlalu perhatiin buku2 pinguin ini mba, hihi, mungkin dijual di toko buku impor di Jakarta jg kali ya.. Iya, sptnya desain bukunya bagus2 ya!🙂

    Aku sering bgt tuh mba beli buku cuma krn (menurutku) covernya bagus ato suka sama ilustrasinya aja😀

    1. mademelani

      bisa aja utk kirim2, wong ada 100… kapan abisnya…?🙂
      ya sama dian, aku jg suka liat cover buku kl beli buku, rasanya gak rela kl punya buku covernya jelek, ato kl covernya jenis dangdut-y, ogah…, khan buku collectable item juga..🙂

    1. mademelani

      wah Dian, aku akhirnya gak jadi dateng ke festival itu hiks… seru ya Dian? iya kl baca update-nya ada bbrp kolektor yg mamerin buku2nya yg kyknya menarik bgt ya… pasti liat buku2 penguin tua itu asik banget…. btw skrg lagi (agak) byk buku2 penguin dgn cover simplenya yg warna oranye itu di kinokuniya.. (lg mampir jkt bentar nih dan langsung inspeksi bbrp toko buku🙂 )

  2. Wahh, mba Mei sdg di Jakarta yaa..🙂
    Haha.. Puas2in inspeksi ke toko bukunya mba, trs jgn lupa direview ya bukunya😀
    Iya seru festivalnya, kagum sama buku2 koleksi para peserta pamerannya. Abis liat itu, aku jd makin sayaaaang sama buku2ku😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s