East, West

East, West/ Salman Rushdie/ Vintage Books/ 1995/ Short Stories/ English/ 211 pages.

East, West adalah antologi cerita pendek dari Rushdie yang terbit pertama kali pada tahun 1994. Terdiri atas tiga bagian: “East”, yang cerita-ceritanya memiliki setting di dunia timur, dalam hal ini India; “West”, dari dunia barat, dan “East, West” yang mengandung percampuran nuansa keduanya, timur dan barat, apakah dalam bentuk tokoh-tokohnya, lokasi, tradisi, ataupun kejadian dalam sejarah. Keseluruhannya ada 9 cerita pendek yang terangkum di buku ini.

Membaca Rushdi buatku tidak selalu mudah; ada kalanya cerita pendek yang kubaca mengalir begitu saja, dengan mudah aku masuk ke karakternya, berempati dengan mereka, menikmati setiap kata dan kalimat dari Rushdie; tapi ada juga yang kutemukan begitu sulit, bahkan hanya untuk menangkap konteks cerita tersebut. Cerita seperti “Christopher Columbus and Queen Isabella of Spain” (di bagian West) termasuk dalam kategori tersebut. Cerita “At the Auction of the Ruby Slippers” (West) juga tidak sepenuhnya aku pahami. Betapa aku ingin memahami jokes dan alegori yang ada agar dapat lebih menikmati nuansa satire-nya yang kental di cerita itu.

Ada beberapa cerita yang berkesan buatku di sini; yang paling aku suka adalah “The Free Radio” (di bagian East), cerita sederhana mengenai suatu potret kehidupan di ‘masyarakat bawah’ di India, antara usaha dan harapan dan bagaimana sang tokoh memeluk harapannya sedemikian rupa, walaupun kenyataan sudah berkata lain. Strikingly ironic, menurutku, dan di sinilah aku pikir kekuatan Rushdie, saat cerita bergulir ada elemen kelucuan di sana, namun toh perasaan terakhir yang tertinggal ternyata adalah kesedihan, ironis.

Setiap cerita menurutku bisa diinterpretasikan dari banyak sudut pandang, menurut mata pembaca. Buatku, benang merah di cerita-cerita di bagian East adalah para tokohnya yang sedemikian teguh berpegang pada apa yang diyakininya, layaknya faith, yang seringkali tampak irasional, namun toh dengan sepenuh hati mereka jalankan meskipun hidup dalam situasi material yang minim, dan walaupun ironis, sang tokoh tampak bisa tertawa dan berbahagia. Dalam bagian West, cerita-ceritanya banyak berkisah tentang ambisi materialisme, yang juga sebenarnya di suatu sisi bisa tampak irasional (hal ini tampaknya yang hendak disindir Rushdie dalam “At the Auction of the Ruby Slippers“), juga tentang konflik diri, seperti kekosongan hidup. Dalam bagian East, West, keduanya berbaur, bisa dalam bentuk jiwa timur yang terjebak dalam mekanisme barat, atau sebaliknya, seorang tokoh yang sudah sedemikian barat menjadi asing dalam tradisi timur.

Dari karya-karyanya, Rushdie telah membuktikan sebagai salah satu pencerita ulung dunia. Tema-tema tentang migrasi antara dunia timur dan barat memang sering kali mewarnai tulisannya. Rushdie sendiri lahir di Bombay, India, pada tahun 1947, dari keluarga moslem kelas menengah, dan pada usia sekolah sempat bermigrasi ke Inggris, lalu pindah ke Pakistan, sebelum akhirnya kembali menetap di Inggris.

Mei, Balikpapan, 15 Maret 2011

4 thoughts on “East, West

    1. mademelani

      Halo Dweedy! buku ini rasanya masih diterbitkan. Aku sendiri beli tahun lalu, dalam kondisi baru (bukan buku bekas).
      Makasih ya udah mampir🙂.

  1. aku belum pernah baca karya Rushdie :D
    tema east meet west selalu menark bagiku, dan sekarang lagi suka baca yang belatar timur,
    ternyata banyak yang menarik ya, selama ini akses ke sana terbatas kan, untunglah sekarang sudah banyak diterjemahkan

    1. mademelani

      mba Monda, ya mmg selalu menarik buku yg berlatar budaya. Btw, kalo tertarik, buku2nya Jhumpa Lahiri itu selalu tentang tarik menarik budaya timur dan barat, temanya pun kehidupan sehari2. kyknya udah semuanya diterjemahin ke bhs indonesia. buku2 versi inggrinya pun cukup mudah didapat di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s