Wishful Wednesday (1)

Membicarakan tentang buku wishlist memang selalu mengasikkan, dan sering gak ada habisnya. Jadi saya ikut bloghop dari Astrid, untuk Wishful Wednesday ini.

Wishlist saya sebenarnya banyak, tapi minggu ini lagi kesengsem berat ama buku barunya Ratih Kumala, Gadis Kretek. Kenal pertama kali dengan karya Ratih Kumala adalah melalui bukunya Kronik Betawi, yang saya baca tahun lalu, dan sukaaaa banget! Ceritanya mengalir sangat natural, bahasanya juga sangat membumi seperti layaknya yang banyak ditemui di masyarakat betawi, tapi saat narasi, penulis bisa kembali ‘lurus’ dengan bahasa Indonesia yang begitu apik. Penulis membuktikan dirinya sangat kenal dengan apa yang ia tulis, entah itu dunia batin karakternya, aspek budaya lokal atau sejarahnya. Dan sepertinya hal-hal itu ada di buku Gadis Kretek ini (semoga!), seperti yang tersirat di sinopsisnya:

Pak Raja sekarat. Dalam menanti ajal, ia memanggil satu nama perempuan yang bukan istrinya; Jeng Yah. Tiga anaknya, pewaris Kretek Djagad Raja, dimakan gundah. Sang Ibu pun terbakar cemburu terlebih karena permintaan terakhir suaminya ingin bertemu Jeng Yah. Maka berpacu dengan malaikat maut, Lebas, Karim, dan Tegar, pergi ke pelosok Jawa untuk mencari Jeng Yah, sebelum ajal  menjemput sang Ayah.

Perjalanan itu bagai napak tilas bisnis dan rahasia keluarga. Lebas, Karim dan Tegar bertemu dengan buruh bathil (pelinting) tua dan menguak asal-usul  Kretek Djagad Raja hingga menjadi kretek nomor 1 di Indonesia. Lebih dari itu, ketiganya juga mengetahui kisah cinta ayah mereka dengan Jeng Yah, yang ternyata adalah pemilik Kretek Gadis, kretek lokal Kota M yang terkenal pada zamannya.

Apakah Lebas, Karim dan Tegar akhirnya berhasil menemukan Jeng Yah?

Gadis Kretek tidak sekadar bercerita tentang cinta dan pencarian jati diri para tokohnya. Dengan latar Kota M, Kudus, Jakarta, dari periode penjajahan Belanda hingga kemerdekaan, Gadis Kretek akan membawa pembaca berkenalan dengan perkembangan industri kretek di Indonesia. Kaya akan wangi tembakau. Sarat dengan aroma cinta.

Gadis Kretek akan diluncurkan perdana pada Jumat, 9 Maret 2012, di Gramedia Grand Indonesia, jam 14.30 – 17.00. (duuuh andai saya tinggal di Jakarta!).

Dan satu hal…., cover bukunya keren ya! Suka!🙂

9 thoughts on “Wishful Wednesday (1)

  1. astridfelicialim

    waaah kereeen, wishnya kok bisa sama banget sama mba fanda ya hihihi….semoga segera tercapai mei! kayaknya bukunya bagus deh

  2. Heheheh…iya, kita kompakan ya! Eh, panggilanmu Mei atau Melani sih?😀
    baru kali ini mampir ke blogmu nih. Ini kalo mau follow blogmu gimana ya? Biar aku tahu kalo ada update baru. Gak pasang widget follow by email?

    1. hi Fanda, ya kita kbtln kompakan minggu ini…🙂
      mei atau melani sama aja, mei is my nickname🙂
      widget follow by email udah aku pasang, thx diingetin! so far follower sblmnya bisa lgsg subscribe krn kbtln sama2 wordpress.

    1. hi Oky, ya nih, pengen nitip jg, kl dateng di sesi launching mmg bisa minta ttd.. tp jam acaranya cukup aneh, agak susah buat org yg kerja ya… anyway aku udah pesen pre-order kok🙂 thx sarannya ya..

  3. lama ga main ke sini, akhirnya selesai jg baca tulisannya mba Mei, yay!! :))
    ah iya, aku jg suka sama kronik betawinya Ratih. rencana jg ingin baca buku ini😀
    jd inget postingannya mba Mei yg books v. cigarattes, hehe..

    hm, wish list bukuku itu…. balada ching-ching (duh, telat bgt!), soalnya kmrn baru selesai baca winter dreams, jd pingin baca lg buku karya Maggie lainnya. oya, aku jg suka terjemahannya dia di buku cerita just so stories-nya Kipling, mba..

    1. mademelani

      halo Dian… ya aku jg suka tulisan Maggie, apik dan mengalir…
      Balada Ching Ching bagus. Winter Dreams belum baca nih dan pengen…
      wah jd pengen juga baca terjemahan Just So Stories…

  4. Pingback: Wishful Wednesday [16] dan Rekap | ma petite bibliothèque

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s