Les Papillons de Victor

Les Papillons de Victor (The Butterflies of Victor, atau Kupu-kupu Victor) adalah buku cerita kecil yang ditulis oleh seorang Perancis, Virginie Kasse, dan diilustrasikan oleh seorang Indonesia, Melissa Sunjaya. Victor adalah seorang anak laki-laki biasa, seperti anak-anak lain, namun ia memiliki kemampuan untuk merasa bahagia, yang semuanya berasal dari sesuatu yang ada dalam hatinya. Ya cerita yang sangat sederhana dan manis, yang bisa dibaca oleh segala umur, karena kita orang dewasa pun kadang butuh diingatkan untuk bisa merasa bahagia karena sesuatu yang sudah ada di hati kita.

Kalimat-kalimat dalam buku kecil ini terjalin indah. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa ilustrasi yang dibuat oleh Melissa Sunjaya merupakan kekuatan utama dari cerita yang hendak disampaikan. Buat saya ilustrasinya ‘lebih berbicara’ daripada kata-katanya.

Ecoute, ceci n’est pas un conte, c’est l’histoire de Victor. Un petit garcon qui a le pouvoir de rendre heureux.

(Dengar, ini bukanlah dongeng, ini adalah suatu kisah tentang Victor. Seorang anak laki-laki yang memiliki kemampuan untuk merasa bahagia.)

Alors, si tu vis un jour sans couleur et si tu as la chance de rencontrer Victor, …

(Maka, jika kamu menghadapi hari yang kelabu dan kamu bertemu dengan Victor, …)

Observe bien au fond de ton coeur, blottis dans les coins… tu decouvriras cachés et endormis, tes papillons…

(Lihat baik-baik kedalam hatimu, di sana, teringkuk di sudut-sudutnya… kamu akan menemukan mereka, kupu-kupumu yang tersembunyi dan tertidur…)

Melissa Sunjaya adalah seorang ilustrator dan product designer dari logo bernama Tulisan. Hal yang unik dari Tulisan adalah semua desainnya memiliki suatu cerita tertentu, ada sebuah kisah dibaliknya, yang mengusung suatu tema emosi tertentu. Dan tema emosi inilah yang ingin disampaikan melalui sejumlah seri dari desain produk-produknya.

Karya yang saya kerjakan bersama dengan tim di Tulisan adalah sebuah usaha untuk merekam dan menyampaikan emosi. Setiap tahap adalah kreasi tangan yang penuh detail. (Melissa Sunjaya, www.mytulisan.com)

And oh I love all the products! I feel happy just by looking at the cheerful designs! (foto: http://www.mytulisan.com)

Diluncurkan pertama kali Desember 2011, Les Papillons de Victor terbit dalam 3 edisi, Perancis, Indonesia dan Inggris, dan dapat dibeli di butik Tulisan di Dharmawangsa Square, Jakarta, atau dipesan online di websitenya.

A heartwarming little book.

Les Papillons de Victor/ Virginie Kasse & Melissa Sunjaya/ Tulisan/ 2011/ Bahasa Perancis/ 17 hlm.

3 thoughts on “Les Papillons de Victor

  1. astridfelicialim

    Mau, mau maaaauuu, bagus banget sih bukunya!! ada versi Indonesianya kan mel? keren ya buku2 gini nih yang mau aku simpen buat yofel nanti =) thanks for sharing it ya mei…btw, victor ini mengingatkan sama sosok amelie juga ya! perancis emang keren, hihihi

    1. selain dlm bhs perancis, buku ini jg ada dlm bhs indo dan inggris, tid. ceritanya sih simple bgt, tp gambar2nya melekat lama…
      mksdnya si amelie yg ada di film le fabuleux destin d’amelie poulain? aku jg suka banget! msh suka nonton lagi dan lagi…🙂

  2. Pingback: Wishful Wednesday [4] « books to share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s