Character Thursday [1]

Ikutan blog hop lagi ah… Kamis adalah hari untuk membicarakan karakter dari buku yang sedang atau telah selesai dibaca dalam seminggu ini, melalui book meme Character Thursday dari blognya Fanda Classiclit.

Character Thursday

  • Adalah book blog hop di mana setiap blog memposting tokoh pilihan dalam buku yang sedang atau telah dibaca selama seminggu terakhir (judul atau genre buku bebas).
  • Kalian bisa menjelaskan mengapa kalian suka/benci tokoh itu, sekilas kepribadian si tokoh, atau peranannya dalam keseluruhan kisah.
  • Jangan lupa mencantumkan juga cover buku yang tokohnya kalian ambil.
  • Kalau buku itu sudah difilmkan, kalian juga bisa mencantumkan foto si tokoh dalam film, atau foto aktor/aktris yang kalian anggap cocok dengan kepribadian si tokoh.

Syarat Mengikuti :

1. Follow blog Fanda Classiclit sebagai host, bisa lewat Google Friend Connect (GFC) atau sign up via e-mail (ada di sidebar paling kanan). Dengan follow blog ini, kalian akan selalu tahu setiap kali blog ini mengadakan Character Thursday Blog Hop.

2. Letakkan button Character Thursday Blog Hop di posting kalian atau di sidebar blog, supaya follower kalian juga bisa menemukan blog hop ini. Kodenya bisa diambil di kotak di button.

3. Buat posting dengan menyertakan copy-paste “Character Thursday” dan “Syarat Mengikuti” ke dalam postingmu.

3. Isikan link (URL) posting kalian ke Linky di bawah ini. Cantumkan nama dengan format: Nama blogger @ nama blog, misalnya: Fanda @ Fanda Classiclit.

4. Jangan lupa kunjungi blog-blog peserta lain, dan temukan tokoh-tokoh pilihan mereka. Dengan begini, wawasan kita akan bertambah juga dengan buku-buku baru yang menarik…

Karakter saya minggu ini adalah… Laurent, dalam buku Thérèse Raquin dari Emile Zola.

Laurent adalah salah satu tokoh sentral dari novel klasik Perancis yang dark dan bernuansa psycho-thriller ini. Dalam buku ini ia adalah tokoh selingkuhan Thérèse Raquin, yang sekaligus sahabat suami Thérèse. Wataknya cenderung periang dalam arti tidak peduli, optimis, malas, dan ‘dangkal’. Ia tidak merasa perlu memikirkan atau memaknai  segala sesuatunya dengan terlalu mendalam, yang penting kepuasannya terpenuhi tanpa usaha yang terlalu berat. Perselingkuhannya dengan Thérèse dilakukan lebih karena hal itu menyenangkannya, sesuatu yang menarik yang terjadi dalam kehidupannya yang muram dan membosankan, walaupun pada akhirnya ia merasakan ketergantungan pada Thérèse. Tapi, ketergantungan ini sekali lagi bukan pula karena cinta, tapi lebih pada takut kehilangan sumber kepuasan hidupnya. Ia juga cenderung berhati-hati dalam langkahnya, dalam arti tidak mau ada akibat buruk yang merugikan dirinya. Bagaimana akibat perbuatannya pada orang lain tidak menjadi perhatiannya, termasuk saat melakukan suatu tindakan kriminal dimana keresahan yang dirasakan dalam hatinya setelah melakukan tindakan kriminal itu bukanlah karena conscience atau pertimbangan moral, tapi lebih pada ketakutannya bahwa perbuatannya akan tercium oleh orang-orang sekitarnya atau polisi. Kalaupun diperlukan dirinya melakukan tindakan kriminal berikutnya dalam rangka membungkus tindakan kriminal sebelumnya, maka akan ia lakukan dengan tanpa banyak pertimbangan atau beban yang berarti.

Jadi, ya itulah tokoh saya minggu ini. Dark dan bikin gak enak ya… Tapi Zola meramunya dengan sangat baik yang menjadikan buku ini buat saya suatu masterpiece!

http://www.metro.co.uk

Cerita Thérèse Raquin dari buku Zola ini sudah dipentaskan di teater-teater. Dan ini adalah salah satu foto dari pertunjukan yang diadakan oleh Riverside Studio, Inggris. Penokohan Laurent di sini mirip dengan bayangan saya, hanya saja tidak ‘sebrewok’ itu, tapi cukup kelihatan lust dan jahatnya.

4 thoughts on “Character Thursday [1]

  1. Oh, baru tahu kalo udah ada teaternya, tp belum ada filmnya ya?
    Kamu menjabarkan Laurent pas banget, tapi Laurent kayaknya gak brewok ya?
    Thanks deh udah ikutan bloghopku. Minggu depan ikut lagi ya!🙂

    1. mademelani

      play pertama kali dibuat sbnrnya oleh Zola sendiri, bbrp thn setelah buku ini terbit. lalu ada byk play atau bahkan opera jg yg dibuat sesudahnya oleh berbagai pihak. Film juga byk dibuat, kebanyakan dlm bentuk tv series, oleh stasiun tv berbagai negara.
      ya, spt yg aku tulis di posting, laurent gak sebrewok itu (kecuali mgkn pas saat2 akhir dimana dia sdh agak kacau). dibanding foto2 lain yg ada, foto ini lbh kliatan wataknya.

    1. mademelani

      hihihih emg salah satu buku tergelap buatku jg.. walo aku tetep suka! kl diperhatiin gak ada tokoh protagonis ya, semua borongan antagonis (dgn derajad yg beda2).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s