Character Thursday [2] – Rahasia Kuda Tanpa Kepala

Yuk bicara tentang karakter lagi di Character Thursday! Book meme ini dikelola oleh Fanda Classiclit, yang mengajak kita untuk membahas suatu karakter setiap hari Kamis.

Kali ini saya ambil dari buku anak yang baru saya baca, Rahasia Kuda Tanpa Kepala dari penulis cerita anak Perancis jaman dulu, Paul Berna.

Buku Rahasia Kuda Tanpa Kepala ini saya beli di suatu garage sale, dan senangnya mencari-cari barang di garage sale adalah kita bisa tiba-tiba menemukan sebuah ‘harta karun’, seperti buku ini, yang ternyata pada jamannya adalah sangat terkenal. Buku ini terbit pertama kali pada tahun 1955! dan terbitan bahasa Indonesia yang saya dapatkan ini terbit tahun 1982. Rahasia Kuda Tanpa Kepala (Le Cheval sans Tête) menceritakan tentang petualangan sekelompok geng anak-anak yang gemar bermain kuda kayu luncur di turunan jalan di desa kecil mereka, Louvigny. Kuda kayu itu sudah reot benar, belinya pun di toko loak, dan kepalanya sudah tidak ada sejak awal. Jadilah nama mainan mereka, kuda tanpa kepala. Walau usang, benda itu menjadi kesayangan seluruh anggota geng, sehingga ketika suatu saat kuda itu dicuri orang, mereka menjadi sedih lalu bertekad menemukan pencurinya, dan hal ini menggiring mereka ke beberapa petualangan dan penemuan tak terduga.

Anggota geng itu ada banyak, 10 anak, laki-laki dan perempuan. Ada satu anak perempuan anggota geng itu yang bagi saya sangat menarik. Namanya Marion. Ia pemberani, cerdas, tomboy, dan yang paling menarik adalah… ia sangat sayang pada binatang terutama anjing! Sudah terkenal di desa itu Marion sebagai penyelamat anjing-anjing yang terluka atau dibuang oleh tuannya. Ia akan memungut anjing terbuang itu dari tempat kumuh dan membawanya ke rumahnya. Marion lalu akan merawat anjing itu sampai sehat dan kuat kembali, melatihnya, dan kemudian ia akan mencari calon induk semang yang baru untuk si anjing, menawarkannya pada penduduk desa itu. Tidak jarang pula penduduk di sana yang akhirnya mengadopsi anjing-anjing hasil perawatan Marion. Semua anjing yang pernah dirawat Marion patuh padanya, dengan sedikit siulan maka mereka akan datang dari segala penjuru menghampiri tuan kecilnya itu.

Saya membayangkan serunya Marion dengan anjing-ajingnya tersebut, mulai dari jenis Great Dane yang tinggi jangkung hingga jenis kecil yang menyalak riang. Juga keseruan yang dialaminya bersama teman-temannya mencari pencuri mainan kuda tanpa kepala mereka, dan ternyata, anjing-anjing itu pun mengambil peran penting dalam petualangan mereka!

Ini sosok Marion dalam ilustrasi buku yang saya baca. Anak yang independen, tomboy dan serunya dikelilingi anjing-anjing kesayangan, dan mereka selalu patuh dan sayang pada Marion walaupun sudah mempunyai rumah baru🙂

Marion dan salah satu anggota geng, dalam video Kuda Tanpa Kepala (The Horse without a Head) keluaran Disney, tahun 1963. Kuno banget yah!🙂

Apa karaktermu minggu ini? Ikut Character Thursday, ini caranya:

1. Follow blog Fanda Classiclit sebagai host, bisa lewat Google Friend Connect (GFC) atau sign up via e-mail (ada di sidebar paling kanan). Dengan follow blog ini, kalian akan selalu tahu setiap kali blog ini mengadakan Character Thursday Blog Hop.

2. Letakkan button Character Thursday Blog Hop di posting kalian atau di sidebar blog, supaya follower kalian juga bisa menemukan blog hop ini. Kodenya bisa diambil di kotak di button.

3. Buat posting dengan menyertakan copy-paste “Character Thursday” dan “Syarat Mengikuti” ke dalam postingmu.

4. Isikan link (URL) posting kalian ke Linky di bawah ini. Cantumkan nama dengan format: Nama blogger @ nama blog, misalnya: Fanda @ Fanda Classiclit.

5. Jangan lupa kunjungi blog-blog peserta lain, dan temukan tokoh-tokoh pilihan mereka. Dengan begini, wawasan kita akan bertambah juga dengan buku-buku baru yang menarik…

Revew lengkapnya akan hadir di tanggal 26 Maret, baca bareng buku anak bersama BBI🙂

10 thoughts on “Character Thursday [2] – Rahasia Kuda Tanpa Kepala

  1. Wah terbitan mana nih buku? Kalo jalan2 ke blog teman2, selalu saja nemu buku2 yg aku gak pernah tahu. Dan ternyata, sebagian besar buku itu memang pernah difilmkan ya?

  2. bzee

    lucu banget gambar film-nya🙂
    Btw, walaupun buku kuno tapi masih terawat ya kliatannya *mbandingkn dgn yg kudapat di toko loak*

    1. iya kuno bgt ya.. ya buku ini mmg tergolong masih bagus dan rapi bgt, mgkn krn dibelinya jg di garage sale, langsung dari koleksi/ lemari buku pemilik rumah penyelenggara garage sale itu. dan kbtln dalam kondisi bersampul plastik pula🙂

  3. Pingback: Rahasia Kuda Tanpa Kepala | ma petite bibliothèque

  4. koleksi buku cerita anak (perancis)-nya mba Mei tuh unik dan aneh2 ya..🙂
    cerita ini kyknya seru, jd pingin baca..
    sejelek-jeleknya mainan walo udah ga berbentuk utuh kalo udah sayang bgt pasti akan trs disimpan ya mba, hihihi..

    1. mademelani

      ini buku dapetnya gak sengaja Dian, ternyata salah satu treasure dalam sastra anak perancis!🙂
      ceritanya cukup sederhana, dan suasana alamnya khas jaman dulu, pesan moralnya masih sangat berlaku utk jaman sekarang.

  5. mba Mei, karakter si Marion ini keren ya, mengingatkanku sama bbrp karakter gadis tomboy yg aku suka, Jo March di Little Women dan Georgina di Lima sekawan. lalu ada, Peppermint Patty di komik strip Peanuts, yg suka pake kaos & celana pendek, dulu aku kira dia laki2 loh, hehe.. trs jg ada Nathalie yg berjiwa petualang, punya obsesi keliling dunia & suka bgt nge-bully adik laki2nya haha :))

    1. mademelani

      wah Jo dan Georgina juga tokoh fave ku di buku2 mereka!🙂
      Peppermint Patty aku blm pernah baca…
      Nathalie seru bgt kyknya ya haha…

  6. mbak mei ada enggak link untuk download novel tersebut bentuknya pdf atau yang lain nya….
    aku kangen ama ceritanya.. soalnya dah pernah baca novel tersebut tapi hilang di penjem temen
    kira kira 20 tahun yang lalu… trus boleh enggak minta aplod gambar pas marion CS lagi perang di gudang carnaval mardigras( kalo bab/halaman nya aku lupa).. trimss..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s