Wishful Wednesday [4]

Kembali ke hari Rabu, kembali membicarakan tentang wishlist book, bareng Astrid dan teman-teman BBI lain!🙂

Buku incaran saya minggu ini adalah: One Hundred Years of Solitude dari Gabriel Garcia Marquez, tepatnya yang keluaran Penguin books yang simple dan classy ini.

The story follows 100 years in the life of Macondo, a village founded by José Arcadio Buendía and occupied by descendants all sporting variations on their progenitor’s name: his sons, José Arcadio and Aureliano, and grandsons, Aureliano José, Aureliano Segundo, and José Arcadio Segundo. Then there are the women–the two Úrsulas, a handful of Remedios, Fernanda, and Pilar–who struggle to remain grounded even as their menfolk build castles in the air. If it is possible for a novel to be highly comic and deeply tragic at the same time, then One Hundred Years of Solitude does the trick. Civil war rages throughout, hearts break, dreams shatter, and lives are lost, yet the effect is literary pentimento, with sorrow’s outlines bleeding through the vibrant colors of García Márquez’s magical realism. Consider, for example, the ghost of Prudencio Aguilar, whom José Arcadio Buendía has killed in a fight. So lonely is the man’s shade that it haunts Buendía’s house, searching anxiously for water with which to clean its wound. Buendía’s wife, Úrsula, is so moved that “the next time she saw the dead man uncovering the pots on the stove she understood what he was looking for, and from then on she placed water jugs all about the house.”

Sudah ‘terlalu’ banyak orang dan teman yang bilang bahwa buku ini bagus banget, dan belakangan ini baru mood saya sedang ingin memasuki kehidupan si Macondo turun temurun ini. Saya suka cerita yang temanya ‘bertabrakan’, dan buku yang highly comic and deeply tragic seperti yang disebutkan di sinopsisnya, sepertinya membawa cerita yang kaya dan kompleks. Review yang bagus juga bisa dilihat di blog Annisa Anggiana ini. Di Kinokuniya masih ada gak ya?

Mau ceritakan buku incaranmu juga?

  1. Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)
  2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  4. Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)

8 thoughts on “Wishful Wednesday [4]

  1. Kalo gak ada di Kino, coba di bookdepository aja, kan bebas ongkir tuh..
    Aku 1x aja baca Gabriel Sanchez (Love in the Time of Cholera), dan…kapok! hehehe…asli gak suka realisme magis. Dan ceritanya bikin ngantuk deh. Mungkin karena aku gak suka romance. Anyway, tetep belum pengen nyoba Sanchez lagi😀

    1. mademelani

      fandaaaa… kok jadi sanchez sih??! marquez!! hihihihi….
      btw buku2 dr 1 pengarang bisa beda2 lho, yg ini bukan romance, temanya lbh sosial/ politik walo tentu ada sentuhan drama keluarganya.
      udh pernah baca buku2nya isabel allende? aku jg suka bgt. buku2 beliau jg dibilang mengandung realisme magis, tp mnrtku gak magis2 amat kok, hanya ada karakter yg bisa ‘meramal’ masa depan walo samar2, gak terlalu jelas, jg persepsi ttg keberadaan arwah. rasanya kalo gini aja sih di budaya dan alam indonesia toh hal yg biasa dan sehari2, kita menerima adanya orang2 yg memiliki kemampuan psikis tertentu. pengaruh budaya indian tampaknya cukup kuat dalam banyaknya unsur realisme magis dalam sastra amerika latin.

  2. astridfelicialim

    eh aku punya terjemahannya tapi belum kesentuh nih mei…kino biasanya mayan lengkap buku2 penguinnya…atau bener kata mba fanda, book depository juga oke tuh! =)

  3. Pingback: Wishful Wednesday [16] dan Rekap | ma petite bibliothèque

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s