Character Thursday [3]

Kembali lagi ke Character Thursday. Karakter saya minggu ini adalah Jane Eyre. Buku karangan Charlotte Brontë ini menceritakan tentang hidup seorang gadis yatim piatu bernama Jane Eyre, sejak kanak-kanak hingga dewasa.

Jane Eyre, Charlotte Bronte, Penguin Books, 2010

Bisa dikatakan ia tumbuh ‘tanpa memiliki apa-apa’, namun kekuatan keinginan serta ketegasan pribadinya membuatnya bertahan dalam situasi yang keras bahkan membimbingnya mencapai apa yang diinginkannya. Ia juga contoh karakter yang berpegang teguh pada apa yang ia yakini, walau situasi sekelilingnya tampak menentangnya atau memandangnya aneh. Kadang memang ia menyesali apa yang terjadi pada hidupnya, namun tetap ia dapat menganalisa dan lalu mengambil sikap menghargai diri sendiri dalam menghadapi situasi tersebut. Ia tidak akan menerima hukuman yang menurutnya tidak pada tempatnya, namun ia juga dapat mencintai dan menghargai teman atau orang lain yang memang baik hati. Tidak salah jika buku Jane Eyre ini banyak dijadikan buku wajib untuk kaum young adults, karena dapat memupuk perkembangan karakter yang kuat saat menuju masa dewasa.

Saya masih ada di sepertiga bagian awal buku ini, saat Jane Eyre baru mencapai awal usia dewasa. Namun, penggambaran Jane Eyre sejak masa kanak sudah menggambarkan karakternya yang kuat tersebut.

“I am not deceitful: If I were, I should say I loved you; but I declare I do not love you: I dislike you the worst in anybody in the world except John Reed: and this book about the Liar, you may give to your girl, Georgiana, for it is she who tells lies, and not I.” (hlm. 43) [saat Jane dituduh sebagai pembohong oleh ibu angkatnya]

“But I feel this, Helen: I must dislike those who, whatever I do to please them, persist in disliking me; I must resist those who punish me unjustly. It is as natural as that I should love those who show me affection, or submit to punishment when I feel it is deserved.” (hlm 74-75) [saat Jane berdialog dengan Helen, teman baiknya di Lowood Institution, tentang perbedaan sikap mereka dalam menerima hukuman yang dirasa tidak adil]

Sudah ada demikian banyak film atau bentuk pertunjukan lain yang mengambil cerita Jane Eyre ini. Salah satunya, yang saya sangat suka posternya adalah yang di atas ini, dan tokoh Jane Eyre ditampilkan sesuai dengan bayangan yang saya dapat dari membaca bukunya, serius dan dalam atmosfir yang agak dark. Muncul pada Maret 2011, tokoh Jane Eyre dalam film ini diperankan oleh Mia Wasikowska (yang juga berperan sebagai Alice dalam Alice in the Wonderland).

Mari ceritakan karaktermu minggu ini🙂

1. Follow blog Fanda Classiclit sebagai host, bisa lewat Google Friend Connect (GFC) atau sign up via e-mail (ada di sidebar paling kanan). Dengan follow blog ini, kalian akan selalu tahu setiap kali blog ini mengadakan Character Thursday Blog Hop.

2. Letakkan button Character Thursday Blog Hop di posting kalian atau di sidebar blog, supaya follower kalian juga bisa menemukan blog hop ini. Kodenya bisa diambil di kotak di button.

3. Buat posting dengan menyertakan copy-paste “Character Thursday” dan “Syarat Mengikuti” ke dalam postingmu.

4. Isikan link (URL) posting kalian ke Linky di bawah ini. Cantumkan nama dengan format: Nama blogger @ nama blog, misalnya: Fanda @ Fanda Classiclit.

5. Jangan lupa kunjungi blog-blog peserta lain, dan temukan tokoh-tokoh pilihan mereka. Dengan begini, wawasan kita akan bertambah juga dengan buku-buku baru yang menarik…

8 thoughts on “Character Thursday [3]

    1. mademelani

      ya kita sama2 sedang baca charlotte bronte🙂
      aku juga sukaaaa bgt ama buku jane eyre ini. byk yg bilang bosenin, tp kok buat aku gak, malah gak pengen cepet selesai.
      film versi yg ini aku blm nonton, cuma nonton yg versi agak lama sblmnya, bagus juga walo sangat suram.

  1. Sayang wajahnya si pemeran Jane gak keliatan..😀
    Tapi sampe sekarang masih belum pengen baca Jane Eyre, terlalu “cewek” buatku, hehehe…

    1. mademelani

      waduh fanda, kyknya kamu salah ekspektasi. jane eyre tokoh yang keras, jauh dari konotasi “cewek banget”🙂

    1. mademelani

      yes, it is great, aku baru mau selesai nih. a bit lengthy though in some parts, but quite rewarding towards the end🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s