Wishful Wednesday [9]

Wishful Wednesday-ku kali ini adalah buku yg direkomendasikan oleh salah satu pengunjung blogku, yaitu Patricia dari Bandung (makasih Patricia!), yaitu salah satu buku pemenang Newbery Medal tahun 1965 (wow buku tua, another treasure!). Judulnya adalah Shadow of A Bull dari Maia Wojciechowska. Maia Wojciechowska adalah seorang penulis buku anak dan remaja dari Polandia, yang lalu pindah bermukim di Perancis, Inggris dan akhirnya Amerika Serikat. Newbery Medal sendiri adalah penghargaan literatur Amerika bergengsi yang diberikan kepada penulis-penulis yang dipandang memberikan kontribusi bermakna bagi literatur anak Amerika.

Shadow of A Bull ini bercerita tentang Monolo, seorang anak laki-laki dari Juan Olivar yang merupakan matador terkenal Spanyol. Saat Monolo berusia 3 tahun, ayahnya meninggal dunia dalam arena adu dengan banteng. Semua orang lalu mengharapkan Monolo meneruskan nama besar ayahnya, menjadi matador terkenal. Bahkan mereka sudah menjadwalkan bahwa pada usia 12 tahun nanti Monolo akan menghadapi pertarungan pertamanya dengan seekor banteng. Namun ada rahasia yang selalu dipendam Monolo, bahwa ia merasa takut, dan sama sekali tidak ingin menjadi matador seperti ayahnya. Ia memiliki harapan lain untuk cita-citanya, yang sama sekali berbeda dari bayangan figur matador yang gagah berani dan menjadi pusat perhatian. Buku ini adalah tentang melawan rasa takut dan perjuangan seorang anak menjadi dirinya sendiri.

Sepertinya selalu ada pesan yang dalam dari buku-buku Newbery Medal, dan selalu kisahnya riil sekaligus sweet. Semoga suatu saat aku bisa mendapatkan dan membaca buku yang aku percaya juga sangat baik untuk dibaca oleh orang dewasa. Dan, aku lihat di cover buku, ternyata juga ada gambar-gambar ilustrasi di dalamnya. Wah, jadi makin ingin baca buku ini! Kabarnya buku ini sekitar tahun 80-an pernah diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia dengan judul Di Ujung Tanduk Banteng (tapi aku tidak menemukan jejak gambarnya di internet).

Apa buku incaranmu minggu ini? Mari ikut Wishful Wednesday dari blog Astrid ini🙂.

  1. Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)
  2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  4. Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)

7 thoughts on “Wishful Wednesday [9]

  1. meeeiii aku pun koleksi buku2 newbery loh, lama maupun baru…dan buku ini ternyata belom baca =D taun depan seru juga kali ya kalo kita bikin newbery challenge =D

    1. mademelani

      ayo bikin newbery challenge! aku jg udah lama suka buku2 newbery tp baru kepikiran mau baca secara terencana🙂

    1. mademelani

      iya ini mmg buku anak. tp kalo dibaca oleh dewasa pesannya akan tertangkap lebih dalam. jenis buku segala usia🙂

  2. Pingback: Wishful Wednesday [16] dan Rekap | ma petite bibliothèque

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s