Wishful Wednesday [14]

wishful-wednesday1Wishful Wednesday adalah book meme dari blog Astrid. Ada 3 buku yang sedang jadi buku impian saya kali ini. Sedikit cerita dulu ya. Saya baru saja menyelesaikan membaca La Gloire de Mon Père karya Marcel Pagnol, sebuah souvenirs d’enfance, atau tulisan kenangan masa kecil dari si penulis (review menyusul). Ditulis dalam bentuk cerita layaknya novel, buku ini begitu membekas, membawa saya ke dunia kanak sang penulis dan keluarganya yang hangat, serta kehidupan mereka di kota kecil dan perbukitan di daerah Provence, Perancis Selatan. Nostalgik, lucu, haru, sekaligus seru dengan petualangan. Buku ini sebenarnya sudah saya beli beberapa tahun yang lalu, sebagai kenang-kenangan saat akan kembali ke tanah air, dan ternyata begitu sukses membawa saya kembali mengenang tanah Monsieur Pagnol itu!

Nah, jadi ketagihan. Marcel Pagnol membuat sebuah serial untuk tulisan kenangan masa kecilnya itu. Keseluruhannya ada 4 buku, dan kini saya mengidamkan 3 buku lanjutannya:

le chateau de ma mereLe Château de Ma Mère [The Castle of My Mother] (1958): Jika dalam buku pertama penulis lebih menceritakan masa-masa awal kehidupannya bersama keluarga sebagai orang-orang terdekat, di buku kedua ini Marcel mengenal persahabatan. Saat berlibur di pedesaan, Marcel kecil berkenalan dengan seorang anak petani, Lili des Bellons, yang kemudian menjadi sahabat karibnya, dan merupakan tokoh yang cukup sentral dari buku ini. Setelah kehangatan keluarga, kini Marcel menemukan indahnya pertemanan masa kanak.

le temps des secretsLe Temps des Secrets [The time of Secrets] (1960): Marcel kembali menjalani liburan di pedesaan bersama keluarganya, namun kali ini ada yang berbeda. Lili, teman Marcel, harus bekerja di ladang membantu ayahnya, dan Marcel lalu bertemu dengan Isabelle, seorang anak perempuan dari keluarga penulis yang eksentrik. Di sini Marcel muda melakukan sesuatu yang ‘mengkhianati’ persahabatannya dengan Lili, demi sebuah ilusi romantis yang baru ia temukan. Sedikit mengandung unsur ‘gelap’, namun tetap ‘komikal’.

le temps des amoursLe Temps des Amours [The Time of Loves] (1977): Marcel yang sudah agak besar mengalami kejadian-kejadian dengan orang-orang sekitarnya, termasuk kejadian lain di lingkungannya yang lebih luas, seperti wabah pes yang melanda Marseille, kotanya. Tokoh-tokoh dalam pertemanan maupun keluarga Marcel masih muncul. Di sini Marcel tumbuh lebih ‘dewasa’, dan keluarganya, keluarga tersayangnya, kini bukan lagi pusat dari eksistensinya.

Oh rasanya ingin melahap semua karya souvenirs d’enfance Pagnol ini. Dari buku pertama, saya melihat Pagnol menulisnya dalam bahasa yang sophisticated. Ilustrasi semua cover-nya pun hasil goresan tangan Sempé, ilustrator favorit saya. Maka, buku-buku ini wajib saya koleksi!🙂

Apa Wishful Wednesday-mu?😉

6 thoughts on “Wishful Wednesday [14]

  1. astrid.lim

    ya ampun covernya bagus banget siiih….pasti ini masih bahasa Perancis semua ya mei? huhu…kebayang jadi kangen lagi pastinya!

    1. mademelani

      iya covernya bikin jatuh cinta! yg ini bhs perancis semua, tp versi inggrisnya juga ada kok, cuma pake cover versi film/ dvd nya.

    1. mademelani

      iya, ceritanya aku suka bgt, sweet, seru dan ada pesan moral yg gak terlalu biasa. edisi bhs inggrisnya ada kok, kisah2 ini juga sdh difilmkan (dvd).

  2. Pingback: Wishful Wednesday [16] dan Rekap | ma petite bibliothèque

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s