Wishful Wednesday [15]

wishful-wednesday1Setelah 3 minggu tidak ber-Wishful Wednesday, hari Rabu ini saya ingin ber-wishful ria sekaligus 3 buku! (boleh kan, Astrid?🙂 )

war and peaceWar and Peace – Leo Nikolayevich Tolstoy

Setelah membaca Anna Karenina (unabridged) dan sangat menikmatinya, saya ingin membaca karya Tolstoy yang lain, yaitu War and Peace. Ada banyak edisi utk karya ini, tapi yang saya idamkan adalah buku di atas, yang diterjemahkan oleh pasangan penerjemah terkenal pemenang translation award khusus untuk penerjemahan Rusia-Inggris, yaitu Larissa Volokhonsky dan Richard Pevear. War and Peace adalah karya masif dengan 1000 lebih halaman, dan bahwa penerjemahan yang baik dari bahasa Rusia ke bahasa Inggris akan sangat mempengaruhi keasikan membacanya (walau penerjemah lainnya mungkin bagus juga). Buku Anna Karenina yang saya baca sebelumnya juga hasil karya mereka dan terbukti memang hadir dalam terjemahan yang sangat mengalir sekaligus tetap mempertahankan keindahan bahasa. Buku War and Peace ini mengisahkan tentang invasi Napoleon di Rusia pada tahun 1812, yang diceritakan melalui kehidupan 3 karakter utamanya, seorang rakyat sipil biasa, seorang serdadu, dan seorang perempuan bangsawan. Tolstoy mengajak pembaca mengikuti kehidupan tiga karakter utama tersebut dalam menghadapi masalah-masalah mereka seiring dengan masuknya tentara Napoleon ke kota mereka, dan bersama sejarah, karakter-karakter ini berkembang dan berubah menjadi tokoh-tokoh yang sedemikian sulit dilupakan. Dikatakan juga bahwa Tolstoy banyak memasukkan unsur sejarah dan pandangan pribadinya dalam bukunya ini, sehingga ia sendiri pun tidak sepenuhnya menanggap karyanya ini sebuah novel.

la's orchestra saves the worldLa’s Orchestra Saves the World – Alexander McCall Smith

La’s Orchestra Saves the World adalah stand-alone novel dari penulis No. 1 Ladies’ Detective Agency, Alexander McCall Smith. Kisah berlatar belakang Inggris saat Jerman sedang marak mengebom kota London, dan tentang tokoh utamanya yang mencoba bertahan hidup dalam situasi sulit tersebut. Apa yang ia lakukan ternyata justru sekaligus memberi arti bagi kehidupan orang-orang di sekitarnya. When Lavender, La to her friends, moves to the Suffolk countryside, it’s not just to escape the London Blitz but also to flee the wreckage of a disastrous marriage. But as she starts to become a part of the community, she detects a sense of isolation. Her deep love of music and her desire to bring people together inspire her to start an orchestra. Little did she know that through this orchestra she would not only give hope and courage to the people of the community, but also that she would meet a man, Feliks, a shy upright Pole, who would change her life forever. Kisah yang unik, dan heart-warming sepertinya.🙂

reading picturesReading Picture – Alberto Manguel

Buku ini sebuah buku non-fiksi karya penulis terkenal yang banyak mengulas tentang fenomen membaca (Reading). Kali ini ia membahas tentang Reading Pictures – what we think about when we look at art. Menarik banget, kan? Saat kita melihat suatu lukisan atau karya seni visual lainnya, dalam benak kita sebenarnya terjalin kalimat-kalimat atau cerita sebagai proses pemaknaan dari melihat lukisan atau karya seni visual tersebut. Tentu dalam bahasa yang akrab dengan benak kita, bukan bahasa yang biasa digunakan oleh para kritikus seni. Are there ways in which we can “read” the stories within paintings, monuments, buildings and sculptures? We say “every picture tells a story” – but does it? Taking a handful of extraordinary images – photographed, painted, built, sculpted – Alberto Manguel explores how each one attempts to tell a story that we, the viewer, must decipher or invent. Saya pribadi menganggap bahwa painting is a silent poetry, jadi dengan membaca buku ini sepertinya saya akan ‘berdiskusi’ lebih jauh mengenai hal itu bersama Alberto Manguel.🙂

Semoga wishlist saya yang berjibun ini bisa terpenuhi…🙂

5 thoughts on “Wishful Wednesday [15]

  1. astrid.lim

    mei aku baru sadar deh aku punya buku yang kedua tapi belum dibaca =p jadi penasaran pengen baca, soalnya udah lupa sinopsisnya tentang apa..hihi…nice wishlist mei!

  2. Pingback: Wishful Wednesday [16] dan Rekap | ma petite bibliothèque

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s