Sastra Indonesia Reading Challenge 2012

Di pertengahan tahun ini saya ingin membuat challenge untuk diri saya sendiri dan mengundang teman-teman pembaca buku untuk ikut serta dalam Sastra Indonesia Reading Challenge 2012. Reading Challenge ini bertujuan menggalakkan kegiatan membaca karya-karya sastra dari halaman sendiri, yaitu bumi tanah air Indonesia.

Karya-karya apa yang termasuk karya sastra? Sejauh yang sudah pernah saya baca, ada 2 pendapat. Mereka yang menganggap semua karya seni kreatif yang berbentuk tulisan (dan lisan) bisa disebut sastra. Namun ada pendapat lain yang memandang tidak semua hasil karya tulisan (dan lisan) dianggap karya sastra. Perlu dilihat kualitas dan isinya dahulu, sehingga ada yang memang tergolong sastra/ literatur, ada yang tergolong general fiction. General fiction pun merupakan suatu karya yang baik dengan tujuannya sendiri, saya menikmati membacanya juga sekali waktu. Hanya saja, dengan tujuan mengenali dan membaca karya-karya sastra tanah air, dalam reading challenge ini saya tidak memasukkan genre teenlit, chicklit, metropop, urbanlit dan sejenisnya, juga yang tergolong sastra religi.

Apa yang menonjol dari sastra dibandingkan dengan general fiction? Menurut Sapardi Joko Damono, karya sastra akan menggambarkan kehidupan secara ‘riil’, dalam arti tidak klise, baik dalam hal penokohan maupun plot ceritanya. Ignas Kleden juga mengatakan bahwa sastra, tersurat maupun tersirat, selalu mengusung tema humanisme, dan penokohannya wajar, dalam arti tokoh baik tidak 100% baik pun demikian dengan tokoh jahat, dan kuat. Selain itu, tentu disampaikan dengan pembahasaan yang baik dengan segala aspeknya. Hal-hal itulah yang biasanya membuat karya yang tergolong sastra memiliki kualitas yang lebih dalam dan dapat bertahan lama, tetap dibaca dan akan dibaca walau jaman telah berganti. Berdasarkan definisi di atas, sastra tidak tertutup pada karya klasik, tapi sangat mungkin juga kontemporer.

Siapa yang menentukan suatu karya tergolong sastra atau bukan? Pembaca, kembali kepada pemaknaannya. Informasi di atas memang dapat menjadi pegangan dasar, namun definisi tersebut tetap memberi ruang interpretasi yang luas.

Contoh karya sastra Indonesia? Berikut adalah link yang memuat karya-karya sastra Indonesia, sejak jaman Pujangga Lama (sebelum abad ke-20) hingga Angkatan 2000-an. Silahkan dilihat. Tentu tidak terbatas pada nama-nama dan karya yang ada di link tersebut. Sebaliknya, mungkin ada beberapa nama yang menurut para pembaca harusnya tidak tergolong di sana. Boleh saja. Link Wikipedia ini hanya sebagai acuan kasar.

Sastra Indonesia – Wikipedia

Aturan dalam Sastra Indonesia Reading Challenge 2012:

  • Membaca karya sastra Indonesia dari penulis Indonesia dari jaman manapun yang kamu suka
  • Karya sastra dalam challenge ini dapat berupa roman, novel, cerpen, cerita anak, puisi, drama, memoar, catatan perjalanan, biografi. Tidak berupa esai.
  • Waktu: 6 Juni 2012 – 31 Desember 2012
  • Pilih level reading challenge yang ingin kamu ambil:
      • Level Pramoedya A. Toer: membaca setidaknya 6 karya sastra Indonesia
      • Level Nh. Dini: membaca setidaknya 4 karya sastra Indonesia
      • Level Remy Sylado: membaca setidaknya 2 karya sastra Indonesia
  • Boleh digabung dengan reading challenge yang lain.
  • Silahkan isi di bagian komentar di bawah kalau kamu ingin ikut. Pasang button Sastra Indonesia Reading Challenge 2012 di sidebar blog kamu.

Mudah, bukan? Tertarik untuk ikut? Blog peserta akan dikompilasi di page Sastra Indonesia Reading Challenge 2012 di bagian atas blog ini.

Untuk Sastra Indonesia Reading Challenge 2012 ini, saya cenderung memilih karya sastra dari jaman kemerdekaan hingga kini, dan akan pilih level Pramoedya A. Toer, yaitu membaca paling tidak 6 karya sastra selama periode Juni sampai Desember 2012. Sebenarnya ada banyak pilihan, tapi ini adalah daftar buku-buku sastra Indonesia yang rencananya akan saya baca:

  1. Partikel/ Dee (novel)
  2. Ibu Pergi ke Surga/ Sitor Sitomorang (kumpulan cerpen; reread)
  3. Arok Dedes/ Pramoedya A. Toer (novel sejarah)
  4. Dari Rue Saint Simon ke Jalan Lembang/ Nh. Dini (memoar)
  5. Selimut Debu/ Agustinus Wibowo (sastra perjalanan)
  6. Salah satu buku puisi Chairil Anwar (kumpulan puisi)

Bagaimana dengan kamu? Karya sastra Indonesia apa yang ingin kamu baca?

Mari makin mengenali dan membaca karya sastra dari tanah air🙂

43 thoughts on “Sastra Indonesia Reading Challenge 2012

  1. Hmm..ikutan ah. Kebetulan sudah ada 1 sastra Indo di timbunan, tinggal cari lainnya. Kalo udah post list-nya, link-nya di add di komen ya?

    1. mademelani

      hi Fanda, makasih udah ikutan ya.. jadi ikut yg level Remy Sylado (2 buku) ya?
      Karena postingnya waktunya bs sangat bervariasi (gak spt book meme yg rutin dan pasti harinya), gak perlu tiap posting isi komen di sini lagi. Aku akan kompilasi semua blog peserta (berdasarkan masukan di komen ini) di page Sastra Indonesia Reading Challenge 2012 di bag atas blog ini.
      Selamat membaca!

  2. wah wahhhh…aku rencana mau baca Partikel juga nih mei..tapi masih pikir-pikir satu lagi baca apa yaa? =D nanti kalo udah kepikiran aku mampir lagi ah.. keren banget sastra indonesia =)

  3. bzee

    enngg, aku ikutan yg level Pramoedya A. Toer ya *pede banget deh*
    hehe, udah ada niatan dr kmrn2 sih mau memperkaya sastra Indonesia, semoga dgn ikut challenge ini jadi semakin bersemangat🙂

      1. mademelani

        hi Bzee… makasih ya udah ikutan. yup boleh dong judul sambil jalan, atau berubah2. aku juga sementara ini juga menggeser si chairil anwar, krn sedang terpukau oleh Ziarah-nya Iwan Simatupang🙂
        Happy reading ya!

  4. nyunyu

    aku boleh ikutan kan? aku boleh ikutan kan? aku mau ikutan yang level Remy Sylado yah yah? Aku lagi gak punya uang nih, uangnya buat masuk SMA TT~TT aku ikutan yah yah… nanti aku pasang button Reading Challenge-nya nyusul sambil nulis list bukunya =D aku boleh kan cuma baca buku karya sastra tahun 2000-an? Sebetulnya mau baca Gadis Pantai-nya Pramoedya Ananta Toer, tapi kalau beli online mahal, ada ongkirnya TT~TT (cuma dapet 100 ribu dari absolut score math pas UN dari sekolah) *kok aku curcol sih? tunggu aku yah kakak yang bikin challenge =D buabai…

  5. Halo Mba Mey, aku mau ikutan ah yang level Remy Sylado, rencananya mau baca Kolam, buku kumpulan puisi Sapardi Djoko Damono dan Madre, kumpulan cerita Dee Lestari🙂

    1. mademelani

      Thanks Nina! nanti kl udah baca Kolam, aku pinjem ya? dr dulu pengen baca, tp buku itu udah susah ditemui. happy reading!

  6. helvry

    wahh..saya malah baru tau reading challenge ini, makasih infonya mbak.
    saya tertarik untuk bergabung dan mencoba ikut level pramoedya. Dua dari enam judul buku challenge-nya mbak melani sudah saya baca yaitu Partikel (dee) dan kumpulan cerita Ibu Pergi ke surga (sitor situmorang), empat lagi saya cari dulu deh🙂

  7. Baru tahu ada reading challenge ini. Tapi biar udah lewat sebulan tetap ikutan. Masih cukup waktu untuk Level Pramoedya A. Toer. Kebetulan lagi nyari pembaca yg berminat dengan sastra Indonesia.

  8. Pingback: Padang Ilalang di Belakang Rumah – Nh. Dini « Bacaan B.Zee

  9. Pingback: Sastra Indonesia Reading Challenge: Dari Rue Saint Simon ke Jalan Lembang – Nh. Dini | ma petite bibliothèque

  10. Pingback: Sastra Indonesia Reading Challenge 2012: Canting – Arswendo Atmowiloto | ma petite bibliothèque

  11. Pingback: Jalan Raya Pos, Jalan Daendels – Pramoedya Ananta Toer « Bacaan B.Zee

  12. Pingback: [un]affair – Yudhi Herwibowo « Bacaan B.Zee

  13. Pingback: Silang Hati – Sanie B. Kuncoro & Widyawati Oktavia | Bacaan B.Zee

  14. Pingback: Rahasia Selma – Linda Christanty | Bacaan B.Zee

  15. mau tanay dulu nich, jika ikut serta apa harus mereview buku yang kita pilih dan baca….saya ikut yang paramoedya, koleksi buku pramoedya saya lumaayn lengkap dan udah dibaca semua…

    1. mademelani

      hello Mba Rina,
      utk Sastra Indonesia Reading Challenge 2012 ini sdh mau berakhir, sampai akhir Desember thn ini. Tapi thn depan aku rencana buat lagi, ikut yuk?🙂

      Aku juga suka bgt buku2 Pram, thn depan juga rencana akan baca bbrp buku Pram yg blm dibaca. Kalau Mba Rina mau baca lagi juga bisa, atau pilih karya sastra Indonesia lainnya.

      Thanks ya sdh mampir. Tunggu pengumuman Membaca Sastra Indonesia 2013 ya!🙂

  16. Pingback: Untung Surapati – Yudhi Herwibowo | Bacaan B.Zee

  17. Pingback: Review: Tanah Tabu « Surgabukuku

  18. Pingback: Review: Rahasia Meede: Misteri Harta Karun VOC « Surgabukuku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s